05 Januari 2009

Prospek Franchise 2009

Dengan terjadinya krisis keuangan global yang melanda dunia, kira-kira bagaimana dengan bisnis franchise 2009 ini ?
Beberapa pengamat masih optimis bisnis franchise masih tetap dapat eksis dan tumbuh kearah yang positif. Hal ini dimungkinkan mengingat kita pernah mengalami krisis moneter tahun 97-98, justru bisnis franchise mengalami kenaikan dan perkembangan yang sangat tajam.



Banyaknya pengangguran dan pemutusan hubungan kerja malah mendorong tumbuhnya bisnis Franchise yang sangat signifikan.
Derasnya arus informasi mengenai bisnis franchise yang dapat diakses melalui internet, majalah, surat kabar TV dan sebagainya. Bahkan saat ini banyak juga berbagai seminar mengenai franchise yang cukup marak belakangan ini.

Ruang informasi yang terbuka tersebut, memudahkan calon investor untuk memilih peluang bisnis franchise yang beragam.
Disaat krisis global seperti ini peluang bisnis dengan pola franchise merupakan pilihan yang tepat. Franchise merupakan altenatif pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan membuka bisnis sendiri.

Melalui franchise, setidaknya Anda memperoleh beberapa keunggulan antara lain : Anda menggunakan merek yang relative sudah dikenal publik dan menguntungkan. Kedua, Anda menggunakan system yang sudah teruji. Ketiga, Anda akan dibimbing dan diajarkan oleh franchisor dalam menjalankan bisnisnya. Keempat, adanya support pemasaran, distribusi bahan baku dan sarana lainya.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tentunya tingkat resiko kegagalan dalam membangun bisnis dapat ditekan. Namun tentu saja diperlukan kehati-hatian dalam memilih franchise yang baik.

Ada beberapa langkah-langkah dalam memilih franchise yang baik sebelum menjatuhkan pilihan.
1. Cari franchise yang memiliki reputasi baik
2. Pelajari menejemen serta perjanjian kontraknya
3. Bagaimana supportnya terhadap franchisee
4. Bertanyalah kepada orang lain yang telah menjalankan bisnis ini
5. Bagaimana prospek kedepannya
6. Bagaimana struktur organisasi perusahaan tersebut
7. Dan lain-lain dapat Anda baca pada posting saya yang lalu “Teliti Sebelum membeli”

Memasuki tahun 2009 ini, kecenderungan franchise dengan investasi sedang masih akan banyak diminati oleh para investor, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, selain itu akan banyak pemain baru dalam bisnis ini yang akan meramaikan pasar franchise dan kecenderungan untuk memfranchisekan usaha mereka.

Diperkirakan akan bertambahnya beberapa merek lokal yang aktif menjajaki pasar regional, dengan masuknya beberapa merek franchise lokal Indonesia yang sudah masuk ke Malaysia, akan memicu franchise-franchise lain mengikutinya.




Tidak ada komentar:


© Copyright 2012 Blog by edmz