20 Desember 2011

Bukan Iklan

Beberapa bulan terakhir ini, saya punya masalah dengan Gusi, setiap kali menyikat gigi, sikat giginya selalu berdarah, bahkan kadang hanya dengan berkumur saja pada waktu berwudhu, juga bercampur dengan darah.

Padahal saya tidak merasa ada keluhan sakit pada gusi,disaat bersikat gigi,juga tidak ada gusi yang bengkak, hal ini terasa aneh bagi saya.
Kebetulan saya punya kenalan seorang dokter, coba-coba deh tanya, apa sih sebetulnya penyebab Gusi berdarah itu ?
Menurut dokter, peyebab gusi berdarah itu ada bermacam-macam... nah lho ...diantaranya, bisa disebabkan karena berbagai hal seperti :

1. Penyebab yang paling sering adalah adanya plak dan karang gigi(kalkulus) yang menempel pada permukaan gigi.
2. Bisa juga karena kekurangan vitamin C.
3. Karena ada kelainan darah.

Kelainan darah yang berkaitan dengan gusi berdarah adalah leukemia dan trombosittopenia ….wah..wah... jadi serem nih.

Saya malah jadi takut untuk periksa ke dokter he..he.. khawatir malah nanti divonis dokter macam-macam lagi hi..hi..mudah-mudahan jangan ya.

Setulnya ada tanda-tanda yang perlu diwaspadai terhadap Gusi berdarah ini seperti :
1. Apakah ada pembengkakan pada Gusi ?
2. Perhatikan warna Gusi apakah berwarna keunguan ?
3. Atau banyak plak dan karang gigi yang menempel pada gigi ?

Jika hanya karena ada plak dan karang gigi, Anda dapat segera pergi ke dokter Gigi untuk membersihkan plak atau karang gigi tersebut. Jangan mencoba-coba membersihkan sendiri karang gigi, dengan cara mencongkel menggunakan benda tajam.
Bisa jadi malah akan menyebabkan problemnya menjadi semakin berat dan serius. Dikhawatirkan alat yang di pakai untuk membersihkan karang gigi tersebut tidak steril yang dapat mengakibatkan terjadi infeksi pada gusi Anda.

Kekurangan vitamin C menyebabkan gusi bengkak dan berwarna keunguan juga mudah sekali berdarah. Hal ini dapat diatasi dengan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, dapat juga dibantu dengan suplement tambahan.

Yang lebih serius adalah pendarahan gusi karena kelainan darah, seperti leukemia dan trombositopenia.
Leukemia disebabkan karena keganasan sel darah putih yang memakan sel darah merah, sedangkan pada Trombositopenia adalah kondisi dimana terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah.

Gejala atau tanda-tanda dari leukemia dan trombositopenia antara lain seperti, badan mudah lelah atau capek, demam, penurunan berat badan, berkeringat diwaktu malam dan lain sebagainya. Jika didapati tanda seperti ini segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter.

Nah kaitannya dengan kasus saya ….Saya tidak merasakan adanya kelainan pada tubuh ataupun pada gusi, hanya saja kenapa kok gusi ini selalu berdarah ???

Kemungkinannya adalah adanya plak dan karang gigi yang tidak tampak dan tanpa disadari, ataupun juga mungkin karena kurang cermat memperhatikannya, sehingga plaknya tidak terlihat yang berada sela-sela gigi dan gusi,atau selama ini dalam menyikat gigi saya belum sesui dengan anjuran dari dokter gigi sehingga kurang bersih...he..he..

Suatu kali saya melihat iklan di TV kalau tidak salah artisnya …Nadya Hutagalung…iklan mengenai gigi sensitif yang dapat diatasi dengan pasta gigi untuk gigi sensitif ....he..he...korban iklan.

Sewaktu pulang kerja saya mampir di supermarket dan saya temukan Sensodyne pasta gigi untuk gigi sensitif.
Sebetulnya sih tidak ada hubungannya antara gusi berdarah dengan gigi sensitif sebab saya tidak ada masalah dengan gigi sensitif tersebut.
Kebetulan saja dirumah, pasta gigi memang juga sudah habis sih, ya sudah sekalian saja saya beli deh...memang sih harga pasta giginya agak mahal…he..he..

Setelah saya memakai beberapa hari dan sudah menghabiskan tiga perempat tube….lha kok tanpa saya sadari sekarang ..sehabis sikat gigi dan juga kumur-kumur kok tidak ada darah yang tampak.

Apakah ini karena Sensodyne …saya tidak tahu…yang jelas masalah saya telah TUNTAS TAS…TAS…

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Zh!nTho mengatakan...

hahahaha baguz nih tipsx


© Copyright 2012 Blog by edmz