04 November 2011

Pasar Otomotif Indonesia


Gairah bisnis otomotif di Indonesia ternyata masih tetap tinggi dengan berakhirnya International Motor Show (IIMS) 2011 yang lalu, adalah potret dari gairah terkini industri dan bisnis otomotif.
Banyak varian-varian baru di tampilkan dan yang cukup menarik produsen mulai menampilkan produk / prototip dari mobil ramah lingkungan yang memang merupakan tuntutan konsumen di masa depan.


Dengan masuknya pemain dari Negeri tirai bambu China menambah ramainya Industri otomotif Indonesia. China semakin antusias malihat pasar Indonesia yang semakin bergairah, terlepas dari semakin macetnya jalan-jalan di Ibukota Jakarta, sepertinya masyarakat tidak peduli tetap antusias ingin membeli mobil baru atau menambah jejeran mobil yang sudah ada digarasi.

Dari sisi pemerintah memang sangat di untungkan dengan pesatnya pertumbuhan industri otomotif ini, menambah pemasukan kas Negara dan daerah melalui pajak. Tidak kurang dari 80 triliun rupiah masuk ke kocek pemerintah pertahun dan merupakan salah satu penyumbang pajak terbesar.
Bahkan pemerintah telah mentargetkan tahun 2013 Indonesia akan menjadi Negara Industri otomotif nomor satu di Asean dengan target penjualan mencapai 1 juta unit,demikian menurut Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) juga dengan konsep mobil berbiaya murah dan ramah lingkungan (low cost and green car).

Tenaga kerja yang terserap melalui bisnis dan industri otomotif tentu saja salah satu hal posistif dengan meningkatnya angkatan kerja setiap tahun. Semua itu diharapkan akan saling memberi stimulan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Jepang merupakan produsen ototmotif yang paling banyak menguasai Industri otomotif kita, hampir 96 persen pasar Indonesia adalah produk Jepang. Hal ini tidak terlepas dari pola produsen Jepang mengikuti selera pasar. Mobil yang paling banyak diburu konsumen adalah multi-purpose vehicle (MPV) kompak yang bisa memuat 7-penumpang.

Produsen mobil Jepang ramai-ramai menanamkan investasi baru di Indonesia agar bisa menjual produk dengan harga makin terjangkau. Bahkan, untuk lebih dekat lagi dengan konsumen Indonesia, beberapa perusahaan mobil Jepang - khususnya yang sudah punya basis produksi - menyodorkan mobil konsep yang sangat menarik.

Salah satunya adalah mobil konsep dari Daihatsu yang diberi nama A-Concept merupakan asli karya anak muda Indonesia. Daihatsu telah menjelma menjadi produsen mobil terbesar di Indonesia.
Dengan melihat kondisi Indonesia saat ini diperkirakan penjualan mobil Indonesia bisa mencapai 2 juta unit ditahun 2018.

Tidak ada komentar:


© Copyright 2012 Blog by edmz