02 November 2011

Super Computer China


Revolusi Industri yang terjadi di China dalam berbagai bidang teknologi dengan Inovasi yang cukup brilian membuat ketar ketir pesaingnya yang sudah lebih dulu maju dibidang teknologi.
Dengan biaya produksi yang sangat murah dan tenaga kerja berlimpah merupakan ancaman serius bagi Negara maju.

Di dunia computer China mengawali era baru di bidang Super Computer yang membuat AS dan Jepang yang selama ini merupakan Negara terkemuka dibidang teknologi tersebut harus berfikir ulang untuk dapat mengungguli China yang mulai bangkit dengan teknologi barunya tersebut.

China telah membuat komputer super pertamanya yang menggunakan chip mikroprosesor buatan negeri sendiri. Negeri Tirai Bambu tersebut ingin mengalahkan komputer super buatan Amerika Serikat(AS) dan Jepang.

Sunway BlueLight MPP, demikian nama komputer super tersebut, mulai dirakit sejak September silam di National Supercomputer Center di Jinan, ibukota provinsi Shandong China Timur.

Sistem Sunway, yang bisa melakukan 1.000 triliun kalkulasi per detik, disebut-sebut akan masuk dalam daftar 20 komputer dengan performa tercepat di dunia.

Dalam tubuh Sunway dibenamkan 8.700 mikroprosesor ShenWei SW1600. Mikroprosesor ini dirancang di Chinese Computer Institute dan diproduksi di Shanghai.

Beberapa waktu lalu, komputer super buatan China lainnya, Tianhe-1A menyedot perhatian Internasional saat dinobatkan sebagai yang tercepat di dunia. Sebelumnya, posisi ini sempat diduduki oleh rivalnya, Jepang yang menjagokan K Computer yang dirancang perusahaan teknologi Fujitsu.

Namun meski sistem internalnya dirancang oleh para insinyur China, Tianhe-1A kala itu masih dibangun menggunakan chip prosesor buatan perusahaan teknologi AS yakni Intel dan Nvidia. Demikian juga dengan K computer milik Jepang, menggunakan chip Sparc yang dirancang di Sun Microsystems di Silicon Valley, AS.

Itulah mengapa China berambisi membuat super komputer yang benar-benar keseluruhan produknya merupakan hasil rancangan mereka sendiri.


Sumber dari detikInet.

Tidak ada komentar:


© Copyright 2012 Blog by edmz