19 Desember 2011

SEHAT vs SAKIT lanjutan

Apakah regenerasi sel itu ?

Pada post yang lalu SEHAT vs SAKIT saya sudah menguraikan mengenai menjadi sehat dan kondisi saki. Sekarang saya lanjutkan sesuai dengan janji saya.
Merupakan satu proses yang terjadi dalam tubuh manusia saat sakit, sel-sel yang mengalami kerusakan untuk bisa mengalami kesembuhan dibutuhkan perbaikan sel. Regenerasi sel terjadi pada saat tubuh beristirahat dan dibutuhkan “zat gizi” tertentu untuk melakukan regenerasi sel.


Tubuh manusia terdiri dari bermilyar sel, sel tersebut dalam kondisi hidup dan juga ada yang mati, sel-sel itu setiap saat, setiap detik ada yang mati dan akan digantikan oleh sel baru. Proses penggantian dan pembentukan sel yang mati dengan yang baru ini disebut proses regenerasi. Dan proses ini akan terjadi terus menerus selama manusia hidup.

Sebagai gambaran, kulit manusia hanya berusia 28 hari, kemudian mati dan akan digantikan oleh sel baru. Sel-sel darah merah setiap hari ada yang mati dan diperbaharui kembali demikian seterusnya.

Tulang manusia mengalami penggantian dirinya sebanyak 12.5 selama hidupnya.
Jadi obat bukanlah factor utama dalam penyembuhan tetapi hanya PENUNJANG saja.
Kedua factor lain yang cukup penting dalam proses penyembuhan adalah “ISTIRAHAT dan ZAT GIZI”

“Zat GIZI” Makanan yang mempunyai nilai gizi dan merupakan unsur penting dalam membangun daya dari dalam tubuh. Masalah makanan yang bergizi dengan pola 4 sehat 5 sempurna sudah tidak asing lagi, namun dalam zaman modern ini sudah lebih banyak lagi unsur-unsur pencemaran dan sejenisnya yang mengakibatkan tubuh kita mengalami berbagai perubahan sebagai efek samping, sehinggga dengan pola gizi klasik mungkin sudah kurang dapat diandalkan, sehingga perlu mendapat tambahan lagi berupa zat alami, yang dapat menguatkan pola gizi klasik tadi.

Sebenarnya hal ini sudah banyak dipelajari dan diyakini oleh para ilmuwan pada zaman modern sekarang ini.
Dalam keadaan kehidupan modern yang serba instant seperti sekarang ini, untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna sangatlah sulit.

Contoh :
Bangun pagi sudah makan mie instant, siang ataupun malam hari karena kesibukan, kita makan yang praktis, seperti bakso atau makanan siap saji. Sehingga untuk pemenuhan zat gizi 4 sehat 5 sempurna membutuhkan tambahan berupa “makanan kesehatan".
Mengapa makanan kesehatan di perlukan ?

Makanan kesehatan diperlukan tubuh, karena tidak semua zat gizi yang diperlukan tubuh terdapat dalam makanan yang kita makan, jika kita kekurangan zat gizi tersebut efeknya adalah pada proses regenerasi sel dan tentu saja mempengaruhi tingkat kesehatan.
 
Semakin tua usia manusia semakin banyak diperlukan zat gizi, karena proses regenerasi semakin melambat. Menurut teori yang ditemukan oleh para ahli genetika Jepang bahwa faktor kesempatan hidup manusia dapat mencapai usia diatas seratus tahun dengan catatan bahwa proses regenerasi berjalan dengan baik, artinya jika kita menjalani pola hidup sehat dengan kecukupan zat gizi serta faktor – faktor yang dijelaskan diatas maka manusia akan dapat berusia panjang.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:


© Copyright 2012 Blog by edmz