22 November 2011

Jangan memasang Alexa pada blog Anda ???


Posting yang lalu saya telah membahas mengenai Google Page Rank, sekarang mencoba membahas Alexa Rank.

Seperti telah di ketahui bahwa Google Page Rank sangat erat kaitannya dengan popularitas situs web yang di idam-idamkan semua blogger. Semakin tinggi nilai sebuah Page Rank dari suatu Blog atau situs web yang di ukur berdasarkan nilai dari 0 – 10 maka semakin popular Blog atau situs web tersebut.

Apa itu Alexa ?
Alexa Rank atau peringkat Alexa adalah sebuah program algoritma yang menghitung peringkat lalu lintas dan menganalisa tingkat kunjungan / page views dari suatu blog atau situs web.

Semakin tinggi tingkat kunjungan ke situs atau blog Anda maka peringkat Alexa semakin bagus
dasar perhitungan peringkat Alexa adalah berdasarkan kunjungan pada tiga bulan yang dikalkulasikan dengan perhitungan yang cukup komplek dari jutaan pengguna Alexa toolbar.

Peringkat lalu lintas harian mencerminkan lalu lintas ke situs berdasarkan data untuk satu hari. Sebaliknya, peringkat lalu lintas utama ditunjukkan pada layanan yang dihitung dari tiga bulan lalu lintas data.

Nah jika Situs / blog Anda dengan traffic relative rendah tidak ada gunanya memasang Alexa Toolbar karena Alexa tidak akan akurat memberikan peringkat. Data-data Alexa berasal dari berapa juta Toolbar pengguna Alexa.
Situs atau blog yang kurang dari 1000 pengunjung perbulan atau umumnya lalu lintas peringkat di atas 100.000 keatas dianggap sebagai tidak dapat diandalkan.

Kaitannya Alexa Rank dengan Google Page Rank ?
Hubungan secara langsung antara Alexa dengan Google Page Rank tidak ada, Page Rank adalah produk Google sedangkan Alexa Rank dari Alexa.com namun jika Anda ingin menjadikan situs Anda sebagai penghasil uang maka sangat perlu memperhatikan factor Goggle Page Rank dan Alexa Rank ini.

Tolak ukurnya, semakin bagus nilai suatu situs dapat dilihat dari nilai kedua raking tersebut yang dijadikan dasar tingkat kepopuleran suatu situs. Hal ini akan berakibat banyak advertiser yang ingin memasang iklan di situs tersebut.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

gang tutorial mengatakan...

amankan pertamanya gan

Heru Prasetyo mengatakan...

bingung juga sih, kalau begini saya harus memilih yang mana


© Copyright 2012 Blog by edmz