18 Januari 2012

Cara memilih Laptop

Ingin membeli Laptop tapi bingung memilih diantara puluhan merk dan spesifikasi teknis yang ditawarkan dipasaran. Makin banyak yang dilihat makin bingung untuk menentukan pilihan.
Teliti sebelum membeli kata pepatah, yuk mari kita coba teliti.

Yang perlu diperhatikan bila kita ingin membeli sebuah Laptop adalah mengklarifikasi dulu akan kebutuhan kita.
Untuk kebutuhan apa laptop tersebut akan dipergunakan, sebagai gambaran mungkin dapat dikategorikan kedalam 3 kategori.

1. Entertainment
Untuk kategori ini, tidak terlalu memerlukan spesifikasi perangkat yang powerful cukup dengan perangkat CPU (Central Processing Unit) yang standar saja. Tetapi jika untuk hiburan yang Anda inginkan termasuk kemampuan Blu-Ray atau Full HD, maka Anda harus menambah biaya ekstra dan merogoh kocek Anda agak lebih dalam.

2. Bussines
Untuk jenis ini, Anda harus membeli dengan spesifiksi perangkat yang lebih tinggi agar dapat menjalankan berbagai perangkat lunak umum dan khusus sesuai keperluan Anda, jadi dibutuhkan perangkat (CPU) yang lebih cepat. Sebagai contoh, perangkat lunak seperti AutoCAD atau desain grafis memerlukan CPU dengan kinerja yang lebih tinggi.

3. Gaming
Yang Ini adalah spesifikasi perangkat yang paling cepat dan kuat diantara yang lainnya, untuk game dibutuhkan processor serta sumber daya yang banyak dan kuat untuk menjalankan permainan, artinya Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membelinya.
Level tertinggi yang cukup baik adalah Alienware, yang dijual dengan harga luar biasa mahal. Atau dengan spesifikasi seperti berikut :

- Intel Core i7 2860QM@2.5GHz
- 8 GB DDR3
- 500 GB HDD
- 2GB DDR5 nVidia GeForce GTX 580M
- 17.3-inch Wide Full HD WLED display
- 1920×1080 reolution @120Hz
- 8 cell battery
- USB 3.0, 2Mpx WEB Cam, Card Reader, DVD-RW, Blu-Ray Drive

Supaya tidak bingung dengan rincian spesifikasi diatas mari kita bahas satu persatu :

1. Central Processing Unit
Urutan pertama adalah prosesor atau CPU(Central Processing Unit). Benda ini adalah merupakan otak dari sebuah Laptop untuk menggerakan mesin komputer. Untuk pasar Laptop saat ini masih di dominasi oleh Intel dan AMD, jadi Anda cukup memilih salah satu dari dua nama-nama ini.
Untuk Intel, produk terbaru yang mereka luncurkan adalah i3,i5 dan i7.yang di produksi awal 2010. Sementara AMD cukup mudah mengenalinya sesuai urutan level tertinggi adalah: AMD FX Processors, AMD A-Series Processors, AMD Phenom™ II Processors, AMD Athlon™ II Processors, AMD Sempron™ Processor.

2. Random Acces Memory
Kedua adalah RAM atau singkatan dari Random Acces Memory. RAM merupakan tempat menyimpan hasil proses dari CPU untuk sementara waktu dari sebuah komputer. Dan karena sifatnya hanya sementara (jangka pendek) maka hasil proses tersebut akan hilang bila terjadi pemutusan aliran listrik (supply) ke memory.
Hasil proses dan informasi komputer Anda akan disimpan secara berulang-ulang didalam memori RAM, Mengingat banyak serta besarnya jumlah proses yang harus disimpan pada RAM, maka semakin besar kapasitas RAM dari sebuah computer sangat berpengaruh kepada semakin cepat pula kinerja komputer tersebut.

Ada 2 jenis memori yang tersedia di pasar: DDR2 dan DDR3. DDR3 adalah teknologi terbaru yang lebih baik dalam segala hal dibandingkan dengan DDR2, secara hitung-hitungan, 3GB DDR3 setara dengan 4 GB DDR2.

3. Hard Drive
Berikutnya adalah Hard Drive (HDD) ini merupakan komponen ketiga terpenting yang harus diketahui.
Jika RAM adalah memori jangka pendek komputer, maka HDD adalah salah satu memori jangka panjang, data yang tersimpan tidak akan hilang walaupun supply tenaga listriknya terhenti.

Semua data dan informasi yang telah berjalan di simpan pada HDD, seperti System Operasi, file dan folder, music, film, foto dan sebagainya terkadang sangat besar ukurannya, maka dibutuhkan tempat penyimpana yang juga dapat menampung semua data dan informasi tersebut.
Ukuran HDD yang umum beredar di pasaran adalah 250 GB, 320 GB, 500 GB, 750 GB, 1000 GB, dan seterusnya.

Teknologi Hard Drives terbaru adalah disebut SSD (Solid State Drive) yang secara fisik berkuran jauh lebih kecil dari HDD. Tetapi SSD memiliki kecepatan acces yang jauh lebih cepat dari HDD.

4. Graphics Card
Kartu grafis atau kartu video (Graphics Card atau Graphics Processing Unit/GPU) merupakan urutan keempat yang mesti dilihat sebelum membeli laptop. Atau Anda dapat mengabaikan tahapan ini jika tidak menginginkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi, tapi jika Anda pencinta game, kartu grafis menjadi faktor serius yang mesti diperhatikan.. Umumnya laptop yang beredar dipasaran memiliki kartu video terintegrasi pada motherboard mereka, contohnya Intel memiliki seri GMA dan AMD memiliki seri HD.

5. Resolusi layar dan dimensi
Resolusi layar dan dimensi merupakan aspek penting dari sebuah laptop. Hal ini sebagian besar berkaitan dengan dimensi fisik layar, yang biasanya berukuran 15.4″, 17,3″ atau 19″. Terserah Anda ingin sebesar apa layar yang nyaman saat digunakan. Tapi Anda juga mungkin ingin mengetahui teknologi layar yang biasanya ada pada laptop: LCD (Liquid Crystal Display) atau LED (Light Emitting Diodes).
LED adalah pengembangan dari teknologi LCD yang mampu memberikan keseimbangan saturasi warna yang lebih baik dan penggunaan arus listrik yang lebih kecil.
LED memiliki varian OLED (Organic) dan WLED (white) yang membuat layar menjadi cerah dan jelas.
Sedangkan untuk resolusi layar, artinya adalah jumlah pixel/inch (ppi).
Resolusi layar yang paling populer adalah 1920×1080 untuk Full HD, yang dapat membuat tampilan lebih bagus terutama untuk game.

6. Baterai
Komponen penting lainnya dari laptop adalah baterai. Ukuran standar diukur dalam cell: 6 cell, 9 cell, 12 cell dan seterusnya. Semakin besar jumlah angka maka baterai semakin baik dan tahan lama. Sesuatu yang perlu diingat adalah daya tahan baterai tidak selalu seperti yang tertulis, misalnya 6 cell bisa bertahan 6 jam, 9 cell untuk 9 jam dan seterusnya, semuanya tergantung pemakaian laptop Anda, ringan atau berat pekerjaan akan teruji dalam kondisi yang ideal.
Kurangi tingkat kecerahan warna dibawah 50% dan tidak membuka program banyak sekaligus adalah contoh yang dapat membuat energi baterai tahan lama.

7. USB, Optical Drive, Web Camera, Card Reader, Operating System
Hal-hal lain yang ada pada laptop adalah USB, Optical Drive, Web Camera, Card Reader, Operating System.
Blu-Ray pada laptop kurang diperlukan, DVD-RW sudah lebih dari cukup.
Sementara untuk Web Camera atau Webcam ukuran minimal akan lebih baik jika 2 Mpx sampai 5 Mpx. Semakin besar, semakin baik kualitas gambar atau video yang dihasilkan.
Untuk OS atau Operating System biasanya tergantung pada preferensi setiap orang. Kalau Anda tidak peduli tentang OS Anda dapat menggunakan OS yang biasa Anda gunakan sehari-hari atau familiar dengan Anda.

Ini semua adalah komponen utama pada sebuah laptop, dan sebelum Anda memutuskan untuk membeli, ingatlah selalu untuk mengetahui kebutuhan apa yang Anda inginkan: Hanya untuk hiburan, bekerja atau bermain game.
Cobalah untuk mengarahkan diri Anda untuk praktis dan menyesuaikan kebutuhan Anda pada harga yang serendah mungkin.

Merek, aspek penting lain saat membeli laptop
Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli laptop adalah merek laptop, dimana sebagian lebih baik dari yang lain.
Berikut adalah beberapa merk favorit yang direkomendasikan:

 Asus
 Dell
 Hp
 Sony
 Toshiba

Salah satu laptop istimewa dengan pr-instal OS adalah MacBook Apple.
Ini adalah salah satu laptop terbaik dengan harga yang agak mahal namun dengan sedikit kelemahannya tidak memiliki kustomisasi seperti laptop biasa.

1 komentar:

EmreFathan mengatakan...

Membantu banget :)
Tapi aku mau nanya nih kalo misalnya buat tugas2 kuliah sama aja dengan yg bisnis atau hiburan?
soalnya aku juga mau pakek buat tugas kuliah dan game. game yg bukan online, tapi jg lumayan gede kapasitasnya. saran dong mas?
makasih ya


© Copyright 2012 Blog by edmz